Senin, 16 Juni 2014

Peran Kepala Madrasah dalam Manajemen Madrasah di MAN Buntet Pesantren Cirebon.



Tugas KTI; dosen pengempu; M. Rikza Chamami
Nama : Zulaehatus Sofiyah
Kelas : KI-2A
A.    JUDUL-JUDUL SKRIPSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
1.     Peran Kelapa Sekolah Madrasah dalam Manajemen Madrasah karya Masrohah (073111570) tahun 2009;
2.     Stategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidikan di SDI Hidayatullah Semarang karya Azimatul Ulya (63311037) tahun 2010;
3.     Stategi Peningkatan Mutu Guru di Madrasah Aliyah  Miftahul Ulum Demak tahun ajaran 2011/2012 karya Khoirul Anwar (063311002)  tahun 2011.
B.    JUDUL YANG DIMINATI
Peran Kelapa Sekolah Madrasah dalam Manajemen Madrasah karya Masrohah (073111570) tahun 2009. Sebenarnya ini bukan skripsi jurusan MPI namun, Saya tertarik dengan judul ini kerena bapak dan paman saya sendiri menjadi kepala sekolah dan kami sering sekali mendiskusikan tentang manajemen pendidikan pada kerja lapangannya. Jadi untuk observasi saya bisa langsung pada narasumber dan sekolah narasumber sendiri. Alasan lainnya bahwa paman dari tante yang kedua menjadi pengawas sehingga ini akan memudahkan untuk mentukan evaluasi yang dilakukan. Yang kemudian judul itu saya ubah menjadi Peran Kepala Sekolah Madrasah dalam Manajemen Madrasah di MAN Buntet Pesantren Cirebon.
C.    INTI DARI LATAR BELAKANG
Manajemen madrasah merupakan aktivitas kompleks yang sumber-sumber pendidikan agar terpusat dan mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Pola pendidikan yang dilaksanakan secara seimbang antara IPTEK (Ilmu Pengetahuan Tekhnologi dan komunikasi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa). Yaitu pendidikan yang mengarah pada IQ (Intelegent Question), EQ (Emosional Question), dan SQ (Spiritual Question).  Meski dengan mengembangkan pola pendidikan semacam ini. Diyakini madrasah akan mendapatkan permasalahan-permasalahan mendasar yang menyertai, seperti : pemasalahan fisik dan non fisik madrasah.
Kepala sekolah/madrasah, guru, dan tenaga kependidikan lainya yang terlibat secara langsung dalam upaya merencanakan, mengorganisasian, mengkoordinator, dan mengawasai. Kegitan madrasah lembaga tempat mereka mengabdi mulai dari mengorganisasian tata usaha, sarana, dan prasarana, tenaga kependidikan, keuangan, super visior, dan evaluasi.
Oleh karena itu agar kegiatan yang sangat kompleks dan  banyaknya ini dapat terselesakan dengan baik, maka diperlukan sosok kepala madrasah yang dapat bertanggung jawab dalam mengatur, mengurus, dan memadukan unsur madrasah agar menjadi sebuah tim kerja yang solid dalam meningkatkan pendidikan di madrasah.
Kepala MTS Miftahul Ulum Ngempak Mragen Demak, salah satu contoh pemimpin madrasah yang telah berhasil menerapkan pola manajemen pendidikan. sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut.  kerena dengan kemampuannya memadukan semua unsur yang ada di madrsah dan dengan dukungan sistem manajemen yang baik. Menjadikan MTs Mftahul Ulum Ngempak Mragen Demak sebagai salah satu pilihan masyarakat kecamatan Mrangen dan sekitarnya untuk menyekolahkan putra-putrinya.
Keberhasilan yang telah telah digapai tidak hanya itu saja ternyata, masih ada keberhasilan yang lain yang mampu dicapai setelah menerapkan manajemen pendidikan, yaitu adanya peningkatan, kinerja guru, kedisiplinan waktu kerja pegawai, tata usaha yang teratur, sampai pada meningkatnya prestasi akademik dan non akademik siswa. Sehingga dengan kemajuan-kemajuan ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang peran kepala MTs Mftahul Ulum Ngempak Mragen Demak dalam menerapkan menejemen madrasah.
D.    RUMUSAN MASALAH

Pada rumusan masalah ini saya ubah yang semula seperti ;
1.     Bagaimana peran kepala madrasah dalam pelaksanan manajemen pendidikan di MTs Mftahul Ulum Ngempak Mragen Demak ?
2.     Faktor-faktor apa yang mendukung dan mneghambat keberhasilan kepala madrasah dalam menerapkan menejemen pendidikan di MTs Mftahul Ulum Ngempak Mragen Demak ?
3.     Upaya-upaya apa yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pelaksanaan menejemen pendidikan di MTs Mftahul Ulum Ngempak Mragen Demak ?
Menjadi seperti;
1.     Bagaimana peran kepala madrasah dalam menrencanakan dan pelaksanan manajemen pendidikan di MAN Buntet Pesantren Cirebon ?
2.     Bagaimana cara  kepala madrasah mengatasai hambatan yang terjadi di lapangan dalam melaksanakan menejemen pendidikan di MAN Buntet Pesantren Cirebon ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar