Minggu, 06 April 2014

Pendidikan Bersistem ISO 9000 revisi


            Berbagai kenyataan yang ada banyak sarjana pengangguran, sarjana berpenghasilan minim, lulusan SD/SMP menikah untuk meringankan beban keluarga, dan masalah sosial-ekonomi lainnya. Pada kenyataan yang lain, seorang yang tidak berpendidikan mendapatkan kerja dengan mudahnya dan kaya. Fenomena ini menjelaskan bahwa mutu dari seorang pendidik dan pelajar sangat kurang, dalam pemberiataan sebuah stasiun TV sudah menjadi hal lumrah ketika sebuah pusat pembelajaran diperiksa oleh Dinas Pendidikan banyak guru yang membolos dengan alasan yang kurang logis. Jelaslah jika para pelajar kita tidak bermutu dan hanya menjadi beban negara.
Pada sistem perusahan/pabrik mereka menerapkan sistem ISO 9000 yang memperhitungkan mutu dan hasil yang maksimal dari suatu pekerja. Pertama kali yang menggunakan sistem ini adalah bangsa Jepang dan kita bisa melihat betapa Jepang mementingkan mutu. Mutu itu kita bisa menggunakan standar dari kebutuhan lapangan pekerjaan, persaingan, dan inovasi hasil.
Perkembangan berlanjut kini sebuah mutu sistem ISO 9000 diartikan dalam penerapaan Lembaga Pendidikan bahwa mutu Penddikan yang disamakan dengan mutu suatu perusahan menggunakan ISO 9000 yang menuntut perbaikan secara terus-menerus, menuntut semua prinsip mutu dilaksanakan memperhatikan produk yang dihasilkan, kepuasan pelanggan, kepemimpinan dan pelayanan yang profesional, sasaran penjualan dan kebijakan evaluasi. Maka yang akan terjadi produk pendidikan akan bermutu tidak hanya mementingkan kata-kata lulus dan terbaik akan tetapi nilai dari sebuah pelajaran dan kesiapan pelajar menghadapi arus global.
Lembaga pendidikan akan memperhatikan profesionalitas seorang guru dalam memberi pelajaran dan mendidik para pelajar penerus bangsa. Pemerintah mengadakan sertifikasi adalah salah satu bentuk tuntutan profesionalitas seorang guru agar benar-benar mecetak murid/pelajar bermutu. Pada tahun 2025 mungkin pasar global arus budaya asing sudah dengan mudah masuk di negara kita. Oleh karena itu, mutu generasi bangsa sangat penting dan tidak bisa ditawar lagi. Disinilah sebuah mutu pelajar sangat dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar